“Malas mengerjakan skripsi dapat menyebabkan hardikan dospem, gangguan keuangan serta mati jomblo “
           
          Skripsi, yah bagi sebagian mahasiswa masih dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan bahkan mematikan. Terlebih cerita-cerita mistis tentang skripsi dari kakak tingkat yang selalu dihiperbolakan ke adik-adik tingkatnya, “ nyusun skripsi itu susah, apalagi anak pertanian, harus nyewa laboratorium-lah, nyewa alat-lah atau nyewa lahan untuk penelitian skripsi. Belum ketemuan sama dosen pembimbing buat konsultasi yang susahnya setengah mati, kayak mau ngajak mantan ketemuan aja, susah banget” contohnya kayak gitu...
            Susah bukan berarti gak bisa dilakukan, bener nggak? Dengan menerima status sebagai mahasiswa seharusnya skripsi bukan sesuatu yang dipandang menakutkan melainkan sesuatu yang harus diselesaikan dengan optimisme dan hasil yang memuaskan, paling nggak, jangan sampai buat molor lulus kuliah.
            Bagi kalian yang hari ini masih malas-malasan ngerjakan skripsi, karena alasan gak ada motivasi atau pusing cari literasi, nampaknya kalian harus membaca tips ini agar bisa menyelesaikan skripsi tanpa tertekan dan lulus tepat waktu. Apa aja itu?

1. Bangun relasi yang nyaman dengan dosen pembimbingmu
          Dalam menyelesaikan skripsi dosen pembimbing bisalah dianggap sebagai “moodbooster”. Apalagi saat konsultasi, jangan hanya karena dosen pembimbing susah ditemui, atau banyaknya coretan revisianmu, lalu kamu menghindar dari dospem. Itu bukanlah keputusan yang tepat. Sesekali saat konsultasi bawakan dospemmu kue kesukaannya, atau nggak ngajak bicara hal yang menyenangkan, misalnya kalau dospemmu cewek aja bicara tentang masakan, berkebun atau ajak gosip gak apa. Tapi, cara yang paling ampuh mengambil hati dospem adalah bertingkah laku yang sopan dengannya, gak peduli kamu cantik atau ganteng, kalau kamu menghargai dospemmu, ngumpulkan revisian tepat waktu, pasti dospemmu juga luluh o.

2. Kamu harus punya “lawan Sparring”
           Lawan tanding atau sparring, ya itu sangat perlu, apalagi kalau kamu tipe orang yang nggak mau kalah sama orang lain. Lawan sparring bisa dari teman dekat, sahabat atau pacar juga bisa. Dengan adanya lawan sparring kamu nggak akan seenaknya bermalas-malasan dengan target dan konsekuensi yang sudah kalian sepakati, contohnya kalau skripsimu kalah cepat di acc dospemmu, maka kamu harus nraktir makan sebulan non stop, dengan gitu kamu nggak akan berani malas-malasan lagi, berani?

3. Motivasi, Apapun itu yang Buatmu Bisa Cepat Lulus
          Pastinya dengan motivasi yang bagus ya, bukan motivasi niatan yang buruk. Kita semua punya orang tua, apa kalian nggak ingat setiap hari nggak ada henti-hentinya mereka bekerja dan berdoa demi kesuksesan anak-anaknya, apa kalian tega disaat orangtua banting tulang justru kalian malas-malasan, pasti nggak tegakan. Biar kalian semangat dan nyaman menyelesaikan skripsi, kalian juga harus membangun hubungan yang baik dengan orangtua, bukankah restu orangtua akan mempermudah segala urusan?
Bisa juga bagi kalian yang udah punya pacar , buat itu sebagai motivasi,  kalau kalian malas-malasan mengerjakan skripsi nanti bisa buat kalian telat nikah, kalau udah gitu pacarmu bisa diambil orang, dan kamu jadi jomblo lagi deh, memangnya kamu mau itu terjadi ?

4. Selalu Ikut Sertakan Tuhan
          “Jangan marahi Tuhan karena hasil yang orang lain capai, tetapi dekatilah Tuhan agar hasilmu dapat melebihi apa yang orang lain capai “. Kelancaran yang kita peroleh berkat kemudahan yang Tuhan berikan kepada kita, kalau kita selalu melibatkan Tuhan dalam menyelesaikan segala pekerjaan pasti hasil akhirnya tidak akan mengecewakan. Mengerjakan skripsi pun akan jadi nyaman, karena selalu ada Tuhan yang menyertai kita.

          Motivasi itu seharusnya berbanding lurus dengan niat, dan niat yang kuat akan berbanding lurus dengan langkah yang akan kita kerjakan. Kalau hari ini kita masih malas-malasan menyelesaikan skripsi tanyakan pada dirimu apa niatmu, apa motivasimu. Jangan lupa setiap kamu bermalas-malasan, umur orangtua kalian semakin berkurang, waktu tak akan pernah kembali, ayo semangat para pengabdi skripsi pasti kita semua bisa menyelesaikannya tepat waktu, harus dan pasti bisa !