Logo Asian Games 2018(asiangames2018.id)

Pesta olahraga empat tahunan terbesar di Asia , Asian Games  kembali digelar pada tahun 2018 . Mengusung tema “ Energi Asia “, Indonesia sebagai tuan rumah telah mempersiapkan diri menyambut dan mensukseskan penyelanggaraan Asian Games  ke-18 yang akan  diselenggarakan mulai tanggal 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap penyelenggaraan Asian Games sangatlah tinggi, berbagai penyambutan turut disiapkan. Hal ini menunjukkan suatu kehormatan bagi masyarakat Indonesia sekaligus hal yang membanggakan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.
Kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 yang diselenggerakan di Indonesia dapat dilihat dari berbagai persiapan penyambutan untuk menyambut kedatangan 15.000 atlet dari 45 negara di Jakarta dan Palembang. Salah satunya adalah dengan memasang bendera negara-negara yang turut berpartisipasi dalam Asian Games 2018 di sudut-sudut kota Jakarta oleh masyarakat Penjaringan, Jakarta Utara. Meski terkesan tidak mewah karena hanya menggunakan tiang dari bambu yang dibelah dua,usaha untuk turut serta memeriahkan Asian Games 2018 patut diapresiasi. Begitupun juga dengan masyarakat RW 12 Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah menyulap kampungnya dengan pernak-pernik Asian Games 2018, sekalipun kampung mereka berartus-ratus kilometer jaraknya dari Jakarta dan Palembang,namun semangat memeriahkan Asian Games tidak kalah dengan masyarakat Jakarta maupun Palembang sendiri.
Tidak mau kalah,72 kampung di 18 kecamatan di kota Palembang,turut serta berpartisipasi dalam lomba menghias kampung ala Asian Games 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.Tak tanggung-tanggung hadiah yang telah disiapkan adalah 3 ekor sapi bagi kampung pemenang pertama, 2 ekor sapi untuk kampung pemenang kedua dan 1 sapi untuk kampung pemenang 3, tidak hanya itu untuk kecamatan yang kampungnya mendapatkan pemenang terbanyak, camat dan lurahnya  akan mendapatkan hadiah umroh.Dengan terselenggaranya kegiatan perlombaan semacam ini,disamping untuk memeriahkan semarak Asian Games 2018, juga sebagai ajang untuk membangun rasa kebersamaan dan gotong royong ditengah-tengah masyarakat yang dewasa ini cenderung sulit ditemui terutama di kota-kota besar seperti Palembang.
Sambutan meriah dari masyarakat Indonesia terhadap penyelanggaraan Asian Games 2018 cukup tinggi. Tidak hanya selesai dengan menghias kampung atau memasang bendera saja, melainkan penyambutan obor Asian Games 2018 yang diterbangkan langsung dari New Delhi, India ke Indonesia-pun cukup meriah. Masyarakat bersama pemerintah daerah yang masuk rute kirab api obor Asian Games 2018 telah mempersiapkan berbagai acara kegiatan penyambutan obor Asian Games 2018 seperti pawai budaya dan kesenian daerah. Tanpa adanya rasa bangga dan cinta tanah air, acara kegiatan penyambutan semacam ini tidak akan terselenggara dengan baik bahkan tidak akan pernah diselenggarakan. Pawai budaya dan kesenian daerah dalam menyambut kirab obor Asian Games 2018 dapat dimaknai sebagai bentuk pengungkapan rasa syukur sekaligus bangga sebagai masyarakat Indonesia karena negara yang dicintainya yaitu Indonesia terpilih dan dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai kesempatan ajang promosi pariwisata Indonesia bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata dan menikmati alam sekaligus kearifan lokal masyarakat Indonesia seperti kesenian daerah.
Seperti tidak ada habisnya untuk terus menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018, berbagai kegiatan dilakoni dan disiapkan oleh berbagai pihak,salah satunya oleh panitia penyelenggara Asian Games 2018 yang menjadi penggerak utama dalam memperkenalkan semarak Asian Games 2018 kepada masyarakat Indonesia sekaligus masyarakat Asia dengan mengeluarkan senam baru yang dikenal dengan senam duls, tidak hanya itu lagu khusus untuk menyambut Asian Games 2018 juga diciptakan yaitu meraih bintang yang dibawakan oleh Via Vallen. Cukup kreatif memang berbagai upaya untuk memeriahkan penyelanggaran Asian Games 2018 di Indonesia yang semuanya patut diapresiasi.
Kebanggaan masyarakat Indonesia dalam memeriahkan dan menyambut peyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan suatu bentuk ekspresi yang wajar. Banyak hal yang dapat dimaknai dari ungkapan bangga tersebut salah satunya adalah menandakan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya merupakan masyarakat yang ramah, dan hal ini sudah tidak diragukan lagi oleh masyarakat dunia.Penyelenggaraan Asian games 2018 , seolah seperti penyelanggaran sebuah pesta besar yang ditunggu-tunggu.Indonesia sebagai tuan rumah dan penyelenggara memang sudah seharusnya memberikan suasana pesta yang menggembirakan bagi para tamunya. Sambutan-sambutan yang meriah menandakan kehangatan masyarakat Indonesia.
Dampak dari penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia bagi masyarakat Indonesia sendirilah adalah,dikenalnya nama Indonesia dalam dunia internasional paling tidak Asia.Tidak hanya itu dengan berbagai sambutan dan kehangatan masyarakat Indonesia, pasti mengundang wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia dan menikmati keramah tamahan masyarakat Indonesia sekaligus menikmati alam dan budaya Indonesia, sehingga dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia maka dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan demikian kesejahteraan masyarakatpun dapat meningkat.
Semua bentuk kemeriahan dalam menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan sebagai bentuk mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia. Sukses tidaknya, lancar atau tidaknya penyelenggaran Asian Games 2018 akan mempertaruhkan nama baik Indonesia dalam dunia Internasional, pasti semua pihak berharap penyelenggaran Asian Games 2018 berjalan dengan lancar dan sukses.
Kebanggaan akan menjadi lengkap apabila Indonesia sebagai kontingen tuan rumah ,dapat mendapatkan hasil sesuai dengan target yaitu 20 medali emas, Mengulang kejayaan Indonesia di Asian Games 1962 yang berhasil menduduki posisi ke-dua dengan menyabet 11 medali emas, 12 medali perak dan 28 medali perunggu.Ukuran sukses dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang adalah sukses persiapan, sukses penyelenggaraan,sukses prestasi dan sukses administrasi.Oleh sebab itu,pemerintah Indonesia bersama tim penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) membangun berbagai infrastruktur pendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk masyarakat.Indonesia memang tidak sekali dua kali menjadi tuan rumah suatu acara Internasional.Sekalipun Indonesia untuk ke-dua kalinya  pada Asian Games 2018 menjadi tuan rumah setelah Asian Games 1962 di Jakarta ,berbagai persiapan tidak boleh dipandang remeh,karena menyangkut nama baik Indonesia dimata dunia internasional.

Semarak Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang,Sumatera Selatan telah melahirkan semangat-semangat baru dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.Alangkah baiknya semangat Asian Games 2018 dijadikan sebagai momen untuk kembali bersatu,bergotong royong membangun Indonesia.Sesuai dengan tema Asian Games 2018 yaitu “Energi Asia “, nilai-nilai keindonesiaan yang telah mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain dapat dikenal dan diterapkan dalam bersama membangun Asia, seperti gotong royong, toleransi dan rasa persaudaraan yang erat antar anak bangsa. Memang, tidak ada rasa yang patut diungkapkan selain syukur dan bangga atas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya pada tahun 2018.Bersyukur atas segala kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia, menandakan bahwa Indonesia memang pantas untuk diandalkan, dan bangga atas segala pencapaian yang telah didapatkan Indonesia dalam perjuangannya di dunia internasional,menandakan bahwa bangsa ini tetap berpegang teguh pada diplomasi politik bebas aktif seperti yang telah dilakukan oleh pendiri-pendiri bangsa dulu kala dalam mendapatkan pengakuan dunia internasional sebagai bangsa yang merdeka. Kesuksesaan penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah kebanggaan masyarakat Indonesia. Ayo dukung bersama sukseskan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Indonesia !