Panen Buah Alpukat di Kebun Belakang Rumah
Panen Buah Alpukat di Kebun Belakang Rumah

              Buah Alpukat merupakan buah yang banyak digemari banyak orang dari anak kecil, remaja hingga dewasa, karena kaya rasa dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya rasanya yang lezat,  buah alpukat juga banyak mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Umumnya dikonsumsi menjadi minuman jus buah alpukat. Terlebih dimusim pandemi seperti ini, kebutuhan nutrisi sangat diperlukan untuk menjaga daya kekebalan tubuh. Di pasaran permintaan buah alpukat semakin meninggi bertepatan dengan musim panen raya buah alpukat.

         Kebun belakang rumah dengan luas sekitar 500 m2 sejak 10 tahun yang lalu ditanami pohon alpukat jenis lokal  hingga kini terdapat 10 pohon alpukat yang sudah berproduksi tiap panen hingga 50 kg per pohon. Apalagi musim panen seperti ini, pohon besar yang hijau nampak penuh dengan buah-buah alpukat yang siap dipanen.

         Haji Jono (70), Warga Dusun Cangkring Malang, Desa Pucangro, Kecamatan Gudo, sedari muda memiliki hobi berkebun. Hasil jerih payahnya berkebun menanam pohon alpukat tiap panennya mampu menambah pemasukan keluarga. Apalagi dimusim pandemi seperti ini. Harga buah alpukat dipasaran yang tinggi, membuat senyumnya semakin merekah.

     “Alhamdulillah, meski pandemi covid-19 pemasukan keluarga tetap terjaga. Gak sia-sia nanam pohon alpukat” Ujar kakek bercucu 7 itu.

        

Hasil Panen, nampak hijau, segar dan lezat

       Alasan menaman pohon alpukat dibandingkan tanaman lainnya, dijelasknnya karena minat keluarga terhadap konsumsi buah alpukat yang tinggi, daripada beli lebih baik menanam sendiri. Selain itu, harga buah alpukat yang cenderung stabil tiap musim panennya menjadi keuntungan tersendiri. Sekali panen omset yang didapatkannya hingga 5 juta rupiah. Biasanya hasil panennya dijual ke Pasar Gudo. Daging buahnya yang tebal, manis dan lezat menjadi keunggulan buah alpukat hasil budidayanya    

     Terlepas lezatnya buah alpukat, menanam tanaman buah di kebun sendiri artinya mendukung program Kementerian Pertanian RI yaitu menjaga ketahanan pangan keluarga.

“Gak usah takut pandemi atau kelaparan selama menanam tanaman buah apalagi buah alpukat “ pesannya.